My Life My Way

Perpanjang STNK dan Plat Nomor 5 tahunan.

October 2021 – Masa2 pandemic masih berlangsung

Back on duty sebagai warga negara yang baik (plus tentunya takut kena masalah dijalanan) ternyata stnk mobil saya habis di masa 5 tahun artinya harus sekalian urus ganti plat.

Dengan harapan karena masih pandemic saya pikir Samsat Daan Mogot (Jakarta Barat) akan masih sepi ternyata sudah sangat-sangat ramai.

Oia, sepanjang pengetahuan saya untuk di Jakarta sendiri hanya di kantor Samsat pusat ini lah kita bisa melakukan perpanjangan plat nomor yah.

Langsung saja yah ini step-step yang saya lakukan:

Dokumen yang harus di bawa (dan sebaiknya teman2 persiapkan dari rumah yah karena meskipun di kantor samsat bisa photocopy tapi itu akan antri dan hanya memperlama proses)

  1. Fotokopi & Asli BPKB
  2. Fotokopi & Asli KTP
  3. Fotokopi & Asli STNK
  4. Biasakan selalu membawa pulpen yah
  5. Pakai pakaian yang nyaman karena cenderung panas banget
  6. Aplikasi pedulilindungi dan sudah vaksin (karena ini masa pandemic)
  7. Uang untuk pembayaran

Untuk proses-prosesnya: (baik Mobil dan Motor sama yah)

  1. Sesampainya di Kantor Samsat langsung mengarah ke kanan (sudah bertahun2 sih tidak pernah berubah yah) akan terlihat antrian untuk (PERIKSA NO RANGKA MESIN)
  2. Kalau teman2 datang berdua, sebaiknya ada yang 1 orang yang bantu untuk ambil formulir di loket pendaftaran yang di dekat tempat cek rangka yah
  3. Antri saja di mobil atau motor masing-masing
  4. Setelah tiba di giliran kita, mobil atau motor kita akan diminta naik ke platform beton gitu untuk dilakukan penggesekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan kita.
  5. Selesai dari langkah ini, langsung saja teman-teman kembalikan formulir yang tadi sudah di isi di nomor 2 + kertas hasil pengechekan nomor rangka yah ke loket no 2 lalu tunggu di panggil kembali untuk validasi.
  6. Setelah semua selesai temen-teman langsung masuk ke gedung utama samsat untuk menyelesaikan proses pembayaran yah, Jangan lupa siapkan aplikasi PeduliLindungi dan bukti vaksin yah.
  7. Tinggal lanjutkan proses pembayaran lalu pergi ke loket untuk mendapatkan STNK dan Plat nomer baru. Selesai deh.

Oia dengan semua ini kita lakukan sendiri kita akan hemat jauh lho, ganti plat ini hanya sekitar 200-300ribuan di tambah dengan pajak STNK kendaraan kita masing2 yah.

Selesai deh dan kita sudah jadi warga negara yang baik untuk melakukan semua proses ini sendiri.

Good luck teman-teman.

Its easy kok tapi yaah Panasss ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s